WASPADA !! Akun Facebook di Tutup Karena Tidak Sesuai Nama Asli di KTP


Hallo sobat facebook semua, disini saya ingin berbagi info dan cara mengatasi masalah yang sering terjadi pada akun facebook. Saya memaparkannya sesuai dengan pengalaman saya sendiri selama menggunakan facebook.

Selama menggunakan FB, akun saya sudah di kunci sementara sebanyak 5 kali oleh pihak Facebook.

Saya dapat info, Facebook sedang gencar mengidentifaksi setiap akun agar nama di profil sesuai nama asli di KTP. 1 KTP hanya bisa untuk 1 akun FB. Supaya setiap pemilik akun dapat mempertanggung jawabkan setiap tulisan, posting, foto, video dan konten yang dikirimkannya, Tujuannya untuk meminimalisir kejahatan2 cyber yg sering terjadi, seperti penipuan online, prostitusi online dan kejahatan lainnya yg berkaitan dunia maya. Akun2 tidak jelas akan ditutup oleh Pihak FB, makanya sekarang sudah jarang nampak lagi akun yg namanya banyak simbol-simbol aneh yg gak bisa dibaca di planet manapun. semua akun seperti itu udah byk ditutup / disuruh ganti nama.

Banyak yg tidak suka dengan peraturan ini, termasuk saya, karena saya tidak bisa lagi bebas memakai nama yang saya sukai. Namun apa boleh buat, akun kita akan ditutup jika permintaan tersebut tidak dituruti.

Berikut masalah2 yg saya alami :


4 kali saya dimintai verifikasi foto teman

Jika semua foto2 yang muncul itu adalah teman2 dekat kita, tentu kita tak akan susah menebak karena kita mengenali foto2 teman kita. Yang jadi masalah, banyak foto2 yang kurang kita kenal orangnya, karena biasanya kita confirm orang2 yg tidak kita kenal sebelumnya. Apalagi foto yg muncul biasanya foto binatang, model online shop dan foto2 gak jelas lainnya.
Verifikasi pun gagal terus kalau salah menebak satu nama orang saja.

Saya punya teknik sendiri untuk mengatasinya :

Buka FB pakai komputer, harus punya 2 browser. misalkan 1 mozilla firefox dan 1 google chrome.
yg firefox buka akun kita yg terkunci
yg chrome buka akun lain yg masih aktif (bisa pinjam FB teman).

Sewaktu muncul foto, segera search nama2 yg tertera dibawah satu per satu, buka menu fotonya sampai ketemu foto yang cocok. butuh kesabaran yang tinggi, salah sekali saja akan diminta ulang (musti tunggu sekitar 6 jam lagi).  saya sarankan setiap foto pertanyaan dan jawaban itu di printscreen dan di save biar bisa dijadikan contekan sewaktu ulangin lagi.

jika sudah berhasil, akun bisa dibuka kembali seperti biasa.

Belakangan ini akun FB saya dikunci sementara lagi, kali ini bukan dimintai verifikasi teman, tapi dimintai kiriman dokumen identitas asli, seperti KTP, SIM, PASPOR dan lainnya..

"Verifikasikan Identitas Anda 
Sepertinya akun Anda bukan akun sungguhan. Facebook adalah sebuah komunitas di mana orang berbagi dan berinteraksi menggunakan identitas asli. 
Facebook tidak mengizinkan akun yang: 

Berpura-pura menjadi orang lain 
Menggunakan nama palsu 
Tidak mewakili orang sungguhan 

Untuk mendapatkan kembali akses ke akun Anda, isilah pemeriksaan keamanan berikut untuk memverifikasi identitas Anda dan membantu menjaga Facebook tetap aman."

Untuk itu saya kirimkan KTP asli saya. 
Nama, Tanggal Lahir dan Foto harus sama yg di profil FB kita,
Nanti akan diproses, butuh waktu berminggu2 sesuai kesibukan staff yg mengurusnya.
 
Jangan kirimkan KTP editan/palsu, karena nomor KTP itu bisa di cek di situs milik KPU.

Masukan dari saya :
Isilah profil sesuai identitas asli kita.

Ubah nama Anda sesuai KTP (jika tidak suka, pakai saja dulu nama yg sekarang, nanti kalau dikunci baru kirimkan KTP, nanti akan dicocokkan tanggal lahir dan fotonya).
ingat, Tanggal lahir harus disamakan dengan KTP.

Semoga pengalaman saya bisa bermanfaat buat kawan2 yg mengalami hal serupa.

Note : Saya disini hanya memberikan solusi, saya tidak menerima permintaan bantuan membuka akun FB. karena ini bukan suatu hal yg mudah, butuh waktu dan kesabaran tinggi.

Silahkan berikan masukan dan saling berbagi pengalaman di komentar dibawah ini. Terimakasih.